Deretan Makanan yang Harus Anda Batasi agar Gigi Lebih Sehat Versi SehatQ

  • Whatsapp

Sakit gigi memang membuat Anda merasa mudah marah, tidak nyaman dan alami gangguan kesehatan lain. Penurunan berat badan bisa terjadi bila Anda tidak bisa menikmati makanan dalam jangka waktu lama. Jika mengalami sakit gigi dan masalah kesehatan mulut lain, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis gigi terpercaya. Dokter gigi akan menangani masalah kesehatan gigi dan mulut Anda yang tak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Read More

5 jenis makanan dan minuman yang tidak baik bagi kesehatan gigi

Ternyata ada beberapa jenis makanan dan minuman yang masuk dalam daftar hitam penyebab sakit gigi yang Anda rasakan. Bisa jadi penyebab gigi berlubang, plak yang menumpuk, sakit gusi hingga perubahan warna pada gigi menjadi kuning adalah makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Yuk, simak ulasan mengenai makanan dan minuman yang harus Anda batasi berikut!

1. Gula

Anda mungkin suka menikmati makanan dan minuman yang manis seperti coklat, permen, kukis, dan lain-lain. Batasi konsumsi dan segera berkumur atau menggosok gigi bila Anda tidak ingin terkena masalah kesehatan gigi dan gusi.. Selain itu, jenis makanan yang kaya karbohidrat telah dimasak dan mengandung gula lebih rendah seperti kerupuk dan keripik kentang juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.

2. Sukrosa

Anda juga harus membatasi jenis makanan dan minuman yang sukrosa seperti gula dari jus dan buah-buahan yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

3. Makanan mengandung asam

Dilansir dari CNN, jenis makanan yang kaya asam juga bisa merusak lapisan jaringan pendukung gigi. Contoh makanan dan minuman yang harus tetap Anda batasi konsumsinya antara lain jus buah, cuka dan soft drink. Rajin bersihkan gigi Anda setelah konsumsi asam, tetapi usahakan menyikat gigi minimal satu jam setelah konsumsi jus dari buah-buahan asam. Langsung menyikat gigi malah akan merusak lapisan enamel sehingga gigi Anda semakin terkikis dan berlubang, lho!

4. Mengunyah permen karet

Anak-anak dan remaja, bahkan orang dewasa acap mengunyah permen karet yang berfungsi menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Meski efektif membersihkan sisa makanan yang sebabkan plak, tetapi permen karet tidak disarankan untuk orang-orang yang memiliki masalah kesehatan gigi yang parah.

Gigi Anda yang sudah berlubang bisa semakin terkikis dan rusak sehingga perlu perawatan ke dokter spesialis gigi. Jika ingin mendapatkan hasil lebih baik, tidak ada salahnya membeli permen karet yang bebas gula dan mengandung xylitol.

5. Rokok dan kafein

Musuh tama kesehatan gigi dan mulut Anda terletak pada kebiasaan buruk merokok dan suka mengkonsumsi minuma berkafein. Rokok yang mengandung nikotin merupakan penyebab kerusakan gigi dan masalah timbulnya bercak-bercak putih di rongga mulut. Selain merokok, Anda juga harus menghilangkan atau membatasi konsumsi kopi, teh dan minuman bersoda yang bisa menyebabkan masalah perubahan warna pada gigi. Ganti kebiasaan buruk Anda dengan rajin konsumsi air putih saja, ya!

Dari beberapa daftar makanan yang masuk daftar hitam penyebab masalah gigi di atas, ada baiknya Anda segera membatasi konsumsi harian pada makanan dan minuman tersebut. Jika ingin melakukan perawatan kesehatan gigi pada masa pandemi, gunakan fitur chat dokter di SehatQ untuk informasi lebih akurat. Jika ingin melakukan pemeriksaan langsung di klinik gigi, Anda bisa menggunakan fitur booking dokter spesialis gigi terdekat dan terpercaya untuk menghindari penularan virus corona pada masa pandemi.

Sumber

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150130103530-255-28490/musuh-musuh-paling-jahat-bagi-gigi-anda/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150130124339-255-28514/kebiasaan-makan-orang-indonesia-yang-mengancam-kesehatan-gigi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *