Kesehatan

Gejala Myasthenia Gravis dan Cara untuk Mengobatinya

Myasthenia gravis adalah sebuah kondisi melemahnya otot tubuh karena mengalami gangguan saraf dan otot. Penyakit ini biasanya menyerang orang dewasa dan seringnya dianggap sekadar kelelahan. Berikut gejala Myasthenia Gravis dan cara mengobatinya.

Gejala yang akan Terjadi

1. Mudah Lelah

Gejala awal dari penyakit ini adalah Anda akan merasa mudah lelah setiap kali beraktivitas. Apa lagi aktivitas dilakukan secara rutin dan dalam waktu yang lama. Hanya saja rasa lelah yang begitu mudah terjadi ini bisa hilang saat Anda beristirahat.

2. Otot Melemah

Semakin lama penyakit Myasthenia gravis akan membuat Anda mengalami kelemahan otot. Semakin hari akan terasa kekuatannya semakin berkurang. Sekalipun Anda sudah beristirahat tetap saja kekuatan otot tidak membaik.

3. Gangguan Mata

Penyakit ini jika dibiarkan saja tanpa penanganan yang cepat maka akan membuat Anda mengalami gejala gangguan mata. Di mana penglihatan mata akan mulai mengabur atau seperti berbayang. Ini menandakan terjadinya kelemahan pada otot mata. Selain itu kelopak mata bisa turun sebelah atau keduanya.

4. Gangguan Otot Wajah dan Pencernaan

Gejala Myasthenia Gravis juga bisa berupa gangguan otot wajah di mana Anda akan mengalami cadel. Kesulitan menunjukkan ekspresi wajah seperti tersenyum. Suara yang mulai serak dan kesulitan untuk mengunyah juga menelan. Anda juga akan mulai merasa napas menjadi pendek ketika berbaring atau olahraga.

5. Kesulitan Berjalan

Gejala lainnya Anda akan mengalami kesulitan berjalan dan sulit berganti posisi dari duduk ke berdiri. Naik turun tangga juga akan merasa kesulitan yang disertai rasa nyeri. Bahkan dalam kondisi yang parah Anda akan mengalami pincang pada kaki.

Cara Mengobati Myasthenia Gravis

1. Obat Kolinesterase

Anda bisa mengobati penyakit ini dengan menggunakan obat kolinesterase yang akan bekerja untuk meningkatkan kekuatan dan pergerakan saraf juga otot. Obat ini sering digunakan sebagai penanganan awal. Bisa dimulai saat Anda mengalami gejala kelelahan yang terus memburuk.

2. Obat-Obatan Immunosupresan

Pengobatan juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan Immunosupresan yaitu azathioprine, mycophenolate mofetil, prednisone, tacrolimus dan rituximab. Obat ini akan bekerja memperbaiki kekuatan otot, sekaligus menekan produksi dari antibodi yang tidak normal.

3. Plasmaferesis

Anda bisa mengobati penyakit ini dengan Plasmaferesis yang merupakan sebuah prosedur menggunakan mesin. Manfaatnya untuk menyingkirkan antibodi berbahaya yang ada di dalam plasma dan menggantinya dengan plasma baik

4. Operasi

Penyakit Myasthenia Gravis juga dapat diobati dengan melakukan operasi yang fungsinya untuk menghilangkan kelenjar timus dan neostigmine. Biasanya cara pengobatan ini jika dokter sudah mendeteksi adanya pembesaran kelenjar timus. Operasi ini biasanya dilakukan pada penderita usia lanjut.

5. Imunoglobulin Intravena

Imunoglobulin Intravena juga menjadi solusi pengobatan dari penyakit dengan cara injeksi konsentrasi tinggi dari antibodi. Pengobatan ini bisa didapatkan dari donor sehat yang akan bekerja meningkatkan sistem imun.

6. Antibodi Monoklonal

Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan antibodi monoklonal yang diberikan dengan cara diinfus. Pengobatan ini dilakukan untuk gejala myasthenia gravis yang tidak dapat diatasi dengan jenis pengobatan lainnya atau berisiko menggunakan pengobatan lain. Selain itu Anda perlu menghindari kondisi yang dapat memicu timbulnya penyakit ini.

Anda yang mengalami gejala Myasthenia Gravis harus segera mengambil tindakan untuk melakukan pengobatan. Jangan dianggap sepele dan diabaikan dalam waktu lama. Begitu ada kondisi tubuh yang dirasa terus menerus, Anda perlu merasa curiga dan lakukan pemeriksaan ke dokter. Lebih cepat untuk mengetahui kondisi kesehatan akan lebih besar peluang untuk sembuh.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button