Jenis Jenis Layanan Fintech yang Ada di Indonesia

Bisnis yang berhubungan dengan fintech atau financial technology ini semakin kuat dan juga menjamur. Melihat hal tersebut membuat Perusahaan Modal Ventura atau yang biasa disebut dengan venture capital ini menjadi sumber dana yang dominan bagi perusahaan tersebut.

Read More

Memang tidak bisa dielakkan pertumbuhan industri fintech 2021 dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang positif bahkan agresif. Bahkan penyaluran pinjaman oleh startup fintech tersebut sudah bisa mencapai 3 triliun rupiah. Untuk pembiayaan dana ventura yang terjadi di dalam negeri sendiri sudah mencapai 7,14 triliun atau naik menjadi 5% dari tahun ke tahun.

Apa Saja Layanan Fintech di Indonesia?

Layanan pinjaman online mungkin merupakan salah satu layanan fintech di indonesia yang paling dikenal, padahal menurut keterangan dari Bank Indonesia, layanan fintech Indonesia dapat dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :

1. Peer to Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding

Adalah suatu platform yang berfungsi sebagai media antara pemberi dana atau investor dan pencari modal atau pinjaman yang biasanya digunakan untuk suatu proyek atau tujuan tertentu. Crowdfunding adalah suatu metode penggalangan dana berbasis patungan melalui metode platform. Contoh platform crowdfunding ini sebut saja kitabisa.com. Sedangkan P2P Lending ini merupakan layanan pinjaman online yang sudah diawasi OJK untuk membantu beberapa UKM atau UMKM yang membutuhkan modal untuk bisnis atau untuk keperluan konsumtif dan keperluan lainnya. Contoh platform aplikasi investasi terbaik jenis ini adalah Amartha.

2. Manajemen Risiko dan Investasi

Singkatnya, platform satu ini berfungsi sebagai cara baru perencanaan keuangan secara digital. Anda dapat dimudahkan dalam urusan investasi.

3. Payment, Clearing, dan Settlement

Saat ini banyak sekali penggunaan e-money, e-wallet atau layanan uang elektronik lainnya untuk mempermudah aktifitas keuangan. Layanan e-money atau e-wallet merupakan layanan fintech indonesia yang cukup popluler di kalangan masyarakat, misalnya Go-Pay, OVO, Dll.

4. Market Aggregator

Dalam platform ini, fintech berperan sebagai pembanding produk keuangan dengan cara mengumpulkan data finansial sebagai referensi oleh pengguna.

Apa Saja Manfaat Layanan Fintech di Indonesia?

Beberapa jenis layanan fintech di Indonesia tentunya akan memberikan manfaat secara langsung dan tidak langsung tidak hanya bagi masyarakat sebagai pengguna langsung, tapi juga bermanfaat bagi perusahaan tertentu bahkan bagi negara. Dengan adanya layanan fintech, masyarakat dapat menikmati layanan yang berhubungan dengan keuangan secara lebih cepat, mudah dan juga relatif lebih murah.

Bahkan perusahaan juga diuntungkan dengan adanya kehadiran layanan fintech indonesia ini, yakni mereka jadi bisa menyederhanakan proses transaksi sehingga biaya operasional bisa lebih hemat serta memberikan pilihan investasi terbaik untuk pemula.

Sedangkan manfaat untuk negara dengan adanya kehadiran bisnis fintech di indonesia ini adalah perputaran uang dapat lebih cepat sehingga lambat laun dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Related posts