Milenial, Ketahui Keuntungan Investasi Syariah dalam Bentuk Asuransi

Keuangan syariah yang berbasis pada hukum Islam menjadi sistem keuangan yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, peraturan pada keuangan syariah dinilai menguntungkan. Selain itu, bagi pemeluk agama Islam, sistem keuangan ini pun memberikan keyakinan yang lebih. Tak ayal, asuransi unit link berbasis syariah mulai banyak diminati oleh masyarakat. Memang, apa saja sih keuntungan dari asuransi berbasis syariah?

Read More

Dilansir dari Money.kompas.com, sejumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh dari asuransi berbasis syariah adalah sebagai berikut:

1. Dana tidak akan hangus

Berbeda dari jenis asuransi pada umumnya, peserta asuransi berbasis syariah bisa mendapatkan kembali dana yang mereka setorkan meski belum jatuh tempo. Artinya, Anda bisa mencairkan dana secara tiba-tiba dalam kondisi yang mendesak setelah mendapat persetujuan dari agen asuransi. Keuntungan inilah yang menjadi daya tarik terbesar asuransi berbasis syariah.

2. Hasil investasi

Investasi dalam asuransi berbasis syariah memiliki jenis yang lebih beragam. Berkat jenisnya yang variatif, Anda bisa mendapatkan pengembalian investasi yang menarik dan optimal. Di samping itu, hasil investasi asuransi berbasis syariah lebih tinggi dibanding menabung dengan deposito. Inilah alasan yang membuat asuransi syariah menjadi instrumen investasi yang cukup menjanjikan bagi milenial.

3. Sesuai dengan aturan agama Islam

Untuk Anda yang beragama Islam, tak perli risau perihal larangan agama dalam hal transaksi. Sebab, asuransi syariah dikelola dengan asas-asas agama Islam yang mematuhi hukum Islam. Anda tak perlu takut perihal riba dan sebagainya, karena asuransi syariah mengelola dana premi dengan prinsip bagi hasil. Berkat prinsip ini pula, asuransi syariah bisa dibilang lebih transparan.

4. Diawasi oleh dewan pengawas syariah

Dilansir dari Liputan6, asuransi syariah tidak hanya dikelola dengan prinsip-prinsip yang sesuai agama Islam. Tetapi juga diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. Seluruh sistem pengelolaan investasi syariah dipantau oleh lembaga ini, sehingga transaksinya pun berlangsung sesuai dengan syariah Islam. Anggota dari Dewan Pengawas Syariah sendiri adalah para pakar agama dan ulama yang andal dalam keuangan syariah.

5. Bebas kontributor dasar

Keuntungan lain dari asuransi syariah adalah tidak adanya kontributor dasar. Kontributor dasar akan dibebaskan oleh pihak asuransi bila terjadi ketidakmapuan total dikarenakan kecelakaan ataupun oleh penyakit. Meskipun Anda dalam kondisi ketidakmampuan total, maka Anda tetap bisa menikmati manfaat dari investasi syariah ini. Anda juga akan mendapatkan penggantian biaya rumah sakit, kecelakaan, hingga penyakit parah.

Jika dilihat dari keuntungan di atas, ada beberapa poin yang tidak akan Anda peroleh dari asuransi jenis lainnya. Selain soal keuntungan, sistem syariah yang digunakan dapat meminimalkan kerugian akibat investasi konvensional. Sebab itulah, tak ada salahnya mulai memiliki asuransi syariah sebagai bentuk investasi sejak sekarang agar diri Anda terlindungi dan keuangan Anda terjaga.

Related posts