Perubahan Fisik Saat Hamil Pertama Alias Hamil Muda, dan Gejalanya

  • Whatsapp

Kalian pengantin baru ? dan sudah 1 bulan bersama didalam kamar, tentu dong akan ada perubahan pada pasangan kalian terutama istri nih. Bisa jadi sudah isi, atau hamil karena pas berhubungan memang dalam kondisi sangat subur.

Read More

Nah ini dia kami sajikan beberapa tanda-tanda hamil muda yang waji kalian pahami terutama dari sisi perubahan kondisi fisik.

1. Nyeri perut bagian bawah

Salah satu ciri kehamilan minggu pertama adalah adanya rasa nyeri pada bagian perut bawah, dimana ini adalah salah satu efek dari proses pembuahan. Dan tentu saja kebanyakan kasus nyeri ini sendiri terjadi pada satu minggu setelah pembuahan berlangsung.

Jadi ini memang kalau di USG belum jelas hasilnya, jikapun di testpack juga sama saja hanya gejala dari respon tubuh kebanyakan wanita.

Kondisi nyeri perut ini sendiri terjadi karena sel telur dibuahi dan pada hari ketiga setelah ovulasi sudah menempel di endometrium di dalam rahim. Mulai saat ini, perubahan fisiologis mulai terjadi pada tubuh wanita.

Tiga minggu pertama kehamilan jarang disertai dengan perubahan nyata pada tubuh wanita. Terkadang keluarnya cairan kecoklatan mungkin terlihat.

2. Nyeri pada bagian payudara

Kondisi nyeri payudara juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Pada saat yang sama, menurut beberapa dokter kandungan, nyeri payudara pada wanita hamil jauh lebih terasa daripada sebelum hamil jadi anda bisa membedanaknya.

Rasa sakit ini kemudian hilang, karena tubuh terbiasa dengan perubahan hormonal yang baru.

3. Perubahan suasana hati

Selama kehamilan, perubahan hormonal terjadi pada tubuh wanita, sering mempengaruhi kondisi emosional wanita. Paling sering, perubahan suasana hati ini tampak mendekati 6 minggu, tetapi bisa terjadi lebih awal.

4. Telat Mens atau Datang Bulan

Telat menstruasi 1-2 hari, jika kita berbicara tentang siklus teratur, mungkin ini alarm bagi anda untuk segera melakukan tes urine, dengan catatan sudah melakukan hubungan suami istri sebelumnya.

Namun, beberapa wanita juga mengalami kondisi ini tanpa adanya hubungan seks, jadi terkadang bisa dipengaruhi oleh kondisi jiwa dan hati sebenarnya kalau telatnya hanya 1 sampai dengan 2 hari saja.

Perlu dipahami bahwa siklus menstruasi dianggap terlambat jika terlambat 5 hari atau lebih. Sayangnya, tes kandang mungkin tidak terlalu akurat pada tanggal yang begitu awal, jadi lebih baik tes sendiri dulu menggunakan tespack jangan buru buru ke dokter kandungan.

5. Payudara bengkak, puting susu semakin gelap

Jika Anda melihat lebih dekat ke tubuh Anda, maka pada 4-6 minggu Anda akan melihat bahwa lingkaran puting mulai menjadi gelap.

Pada banyak wanita, gejala kehamilan ini hanya muncul pada tahap akhir memang, karena bagi wanita yang memang payudaranya bersih dan putih meskipun kondisi hamil putingnya bisa tetap coklat.

6. Mual

Beberapa wanita mengalami mual terus-menerus pada usia kehamilan 4-6 minggu. Paling sering, mual hilang dalam empat bulan pertama. Jika Anda sesekali merasa mual, ingatlah untuk minum air putih untuk mengganti kekurangan cairan jika anda sampai muntah misalkan.

7. Kelelahan

Kemudian gejala lain dari kondisi fisik adalah sering mengalami kelelahan dan bahkan bisa sering merasakan capek dan lelah.

Maka dari itu jika anda merasakan tanda tanda seperti ini, kami sarankan tetap santai, jangan stress dan tetap bahagia ya karena ini adalah kunci dari kesehatan bunda dan tentu saja si janin di dalam perut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *