Tips Aman Mengganti Pelek Mobil

Melakukan penggantian pelek mobil, terutama setelah membeli mobil lewat promo mobil bekas murah, memang banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Salah satu alasannya karena mengganti pelek dapat membuat tampilan mobil terlihat semakin keren. Terlebih, jika menggantinya dengan ukuran lebih besar.

Read More

Meski keren, saat mengganti pelek mobil, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan guna menghindari kesalahan pemasangan. Berikut tipsnya:

1. Kenali material pelek mobil

Tips aman mengganti pelek mobil yang pertama adalah mengenali material dari peleknya terlebih dahulu. Pelek yang dijual di toko khusus biasanya memiliki berbagai jenis material. Namun, secara umum, pelek mobil biasanya terbuat dari jenis logam ringan dan akan lebih ringan daripada pelek baja. Keuntungan menggunakan pelek logam ini adalah bisa mengurangi bobot keseluruhan dari mobil.

2. Model pelek

Penggunaan model pelek mobil memang seharusnya Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Lantaran, tersedia banyak sekali pilihan desain pelek seperti luxury, off-road, sporty, dan touring. Sementara itu, untuk model peleknya sendiri, ada yang berbentuk satu bagian atau one piece, hingga tiga bagian atau three pieces.

3. Lebar pelek

Penggantian pelek mobil ini tentunya akan memberikan beberapa dampak pada mobil Anda. Hal yang perlu Anda ingat adalah semakin besar pelek, maka akan semakin besar pula lebar peleknya. Semakin lebar pelek, maka area cengkeraman bannya pun akan semakin besar. Hal ini tentunya akan menyebabkan peningkatan body roll dan gejala understeer dari kendaraan yang Anda gunakan.

4. Aspek rasio ban

Jangan sampai lupa perhatikan aspek rasio bannya. Rasio aspek ban ini bisa Anda hitung dari persentase bagian lebarnya jika Anda bandingkan dengan bagian tingginya. Semakin kecil aspek rasionya, maka akan semakin tipis pula ban yang Anda gunakan. Jika aspek rasionya semakin besar, maka ban pun akan semakin tebal.

5. Naikkan 2 inci dari ukuran standar

Untuk menambah kenyamanan saat mengendarai mobil, maka Anda bisa menambah ukuran pelek 2 inci dari ukuran standarnya. Dengan begitu, Anda tetap bisa menggunakan ban dengan aspek rasio yang memenuhi standar, dan tidak perlu mengkalibrasi ulang speedometernya.

6. Sesuaikan dengan kemampuan EPS mobil

Pelek berukuran besar dan tapak ban yang lebar tentunya bisa mempersingkat masa pakai dari Electronic Power Steering (EPS). Oleh karena itu, saat memilih pelek, sesuaikanlah dengan kemampuan dari EPS mobil Anda. Terlebih jika model EPS kecil, maka usahakan untuk tidak kelebihan beban.

Itu dia tips yang harus diperhatikan sebelum mengganti pelek mobil. Semoga bermanfaat!

Related posts